Download Gratis Skripsi Tentang "Konsep Pendidikan Anak Menurut M.Quraish Shihab dan Su'dan Dalam Perspektif Pendidikan Islam"-Skripsi ini
membahas salah satu problema yang dihadapi bangsa Indonesia pada zaman
kemajuan ini, terutama di kota-kota besar ialah gejala-gejala yang
menunjukkan hubungan yang agak terlepas antara ibu-bapak dengan
anak-anaknya. Seorang ahli sosiologi menamakannya krisis kewibawaan
orang tua. Banyak orang tua yang tidak dapat mengendalikan
putra-putrinya, kalau tidak boleh dikatakan sudah seperti hujan berbalik
ke langit, yaitu putra putri itulah dalam prakteknya yang mengendalikan
orang tua mereka. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan
bagaimana persamaan dan perbedaan konsep M. Quraish Shihab dan Su’dan
tentang pendidikan anak? Bagaimana sumbangan pemikiran M. Quraish Shihab
dan Su’dan tentang cara mendidik anak dalam pendidikan Islam?
Permasalahan tersebut dibahas melalui studi kepustakaan (library
research) dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif
analisis. Dalam membahas dan menelaah data, penulis menggunakan metode
deskriptif Analisis.
Kajian ini menunjukkan bahwa (1) Persamaan konsep M. Quraish Shihab dan
Su’dan sebagai berikut: dalam proses pendidikan anak. Menurut Shihab dan
Su’dan bahwa pendidikan itu bersifat seumur hidup dengan menyesuaikan
perkembangan anak. Dalam bidang pendidikan agama. Menurut Shihab dan
Su’dan bahwa untuk membentuk perilaku anak yang baik, perlu ditanamkan
pendidikan agama. Orang tua sebagai pendidik pertama dan utama. Menurut
kedua tokoh tersebut, bahwa orang tua adalah pendidik utama dan pertama
dalam hal penanaman keimanan bagi anaknya. (2) Perbedaan konsep M.
Quraish Shihab dan Su’dan yaitu dari sudut pendekatan, Shihab lebih
banyak pendekatannya bersandar pada al-Qur'an. Su’dan lebih banyak
merujuk pada disiplin psikologi. Dari sudut esensi atau substansi,
Shihab lebih mengedepankan pendidikan agama berupa esensinya atau
substansinya dengan mengetengahkan hikmah dibalik ajaran agama itu.
Su’dan tidak mempermasalahkan ajaran yang menyangkut ritual atau agama,
tetapi yang penting bahwa pendidikan agama harus mencakup tiga dimensi
yaitu akidah, syari'ah dan akhlak. Sebagai saran: meskipun konsep M
Quraish Shihab dan Su’dan kurang memuaskan atau mungkin masih dianggap
kurang memadai dalam mendidik anak, namun setidaknya dapat dijadikan
masukan bagi masyarakat terutama orang tua dan para pendidik. Konsep
kedua tokoh ini dapat dijadikan studi banding oleh peneliti lainnya
dalam mewujudkan anak yang cerdas, iman dan taqwa.
Silahkan sobat Indoking dapat Download Gratis Skripsi Tentang "Konsep Pendidikan Anak Menurut M.Quraish Shihab dan Su'dan Dalam Perspektif Pendidikan Islam" di bawah ini:
Text
073111107_Coverdll.pdf - Cover Image Download (87kB) | Preview |
||
Text
073111107_Bab1.pdf - Accepted Version Download (94kB) | Preview |
||
Text
073111107_Bab2.pdf - Accepted Version Download (159kB) | Preview |
||
Text
073111107_Bab3.pdf - Accepted Version Download (129kB) | Preview |
||
Text
073111107_Bab4.pdf - Accepted Version Download (164kB) | Preview |
||
Text
073111107_Bab5.pdf - Accepted Version Download (9kB) | Preview |
||
Text
073111107_Bibliografi.pdf - Bibliography Download (22kB) | Preview |
Semoga dapat bermanfa'at
Post a Comment
Panduan Memberi Komentar
1.Masukan komentar anda
2.Lalu pada kata 'beri komentar sebagai' , pilih account yang anda punya, bagi yang belum mempunyai account pilih Name/url, isi nama anda dan Kosongkan URL atau isi dengan alamat facebook anda(untuk mengetahui alamat facebook anda silahkan login ke facebook dan pilih profile anda, anda dapat melihat alamat Facebook anda di atas, contoh alamat Facebook punya saya http://www.facebook.com/profile.php?id=1823916177
3.dan kemudian Publikasikan
4.Selesai dan anda tinggal menunggu komentar anda muncul
Semoga bermanfa'at.